Sisa libur lebaran di kampung halaman memang paling enak dipakai untuk berwisata. Berawal dari ajakan seorang rekan kerja yang kebetulan dulu berasal dari sekolah yang sama, saya akhirnya memutuskan untuk ikut berwisata bersama teman-teman alumni sekolah dulu, jadi selain berwisata, bisa sekalian silaturahim setelah lama tidak bertemu mereka, apalagi momen lebaran seperti ini memang sangat pas digunakan untuk silaturahim. Setelah berdiskusi paanjang lebar, akhirnya kita memutuskan untuk liburan ke Yogyakarta, tepatnya di daerah Gunung Kidul.

Pada awalnya ada sekitar 20 orang yang ingin ikutan, tetapi menjelang hari keberangkatan banyak diantara mereka yang membatalkannya karena berbagai alasan. Mungkin mereka sudah mulai bekerja karena kita berangkat H+5 lebaran yang memang sebagian besar kantor termasuk tempat saya bekerja sudah mulai masuk kerja. Karena saya mengambil cuti cukup banyak untuk lebaran tahun ini jadi ya masih punya banyak waktu sebelum berangkat lagi ke perantauan.

Akhirnya hanya ada 10 orang yang bisa berangkat. Rencananya kita akan mengunjungi obyek wisata Kalisuci dan Embung. Pagi-pagi kita berangkat dari Temanggung menuju Jogja, sekitar pukul 13.00 kita sampai ditujuan pertama. Sebenarnya 2 tahun yang lalu saya sempat mengunjungi kalisuci namun sekarang ternyata sudah banyak perubahan. Akses jalan kesini jadi lebih baik, toko-toko cinderamata dan tempat makan juga sudah mulai banyak terdapat disini, berbeda dengan 2 tahun lalu yang masih โ€œsepiโ€. Setelah bernarsis ria bersama teman-teman dan memakai perlengkapan keselamatan kita siap mengarungi objek wisata ini.

Foto dulu, yang punya blog yang ngambil fofo :'V
Foto dulu, yang punya blog yang ngambil fofo :’v

Oh ya, mungkin banyak yang belum tau, objek wisata apa sih kalisuci itu. Jadi disini kita akan mengarungi sungai dengan menaiki ban karet. Kemudian setelah beberapa meter, sambil mengambang diatas ban kita akan memasuki gua. Disamping kita bisa menikmati indahnya gua, kita juga harus berhati-hati karena di langit-langit terdapat banyak sekali kelelawar, jangan sampai terkena ranjau dari atas, hehe.

Mari kita mulai
Sebelum memasuki gua
Setelah keluar dari gua
Menuju lorong gua

Setelah melewati gua, kita juga akan melewati beberapa jeram, meskipun arus tidak terlalu deras tapi kalau posisi duduk kita tidak benar bisa jadi kita akan tecebur. Sedikit tips dari saya bagi yang akan mengunjungi objek wisata ini yaitu pakailah sandal gunung yang nyaman, karena sebelum sampai ke sungai, kita harus menuruni banyak anak tangga dengan jalan yang berbelok-belok, jalanan disini juga cukup terjal, selain itu sandal gunung juga masih tetap bisa dipakai ketika kita mengarungi sungai tanpa takut hanyut. Siapkan tenaga juga, karena setelah kita selesai mengarungi sungai, kita akan menaiki banyak anak tangga untuk kembali menuju keatas sebelum kita kembali ke pos awal. Bawa juga pakaian ganti dan peralatan mandi untuk membilas badan setelah berbasah-basahan di sungai, dan tidak perlu khawatir karena disini banyak terdapat kamar mandi.

Oke, setelah selesai mengarungi Kalisuci, kita bergegas menuju tujuan berikutnya, yaitu Embung Nglanggeran, baca selengkapnya di postingan berikutnya ya..

Iklan