Waktu, ketika punya waktu luang, seringkali disiasiakan hanya untuk bermalas-malasan, namun ketika kesibukan datang, seringkali 24 jam sehari terasa kurang. Kira-kira seperti itu yang saya rasakan belakangan ini. Memang hal semacam ini sudah saya perkirakan sebelumnya, penyebabnya tidak lain karena saya kerja sambil kuliah (bukan kuliah sambil kerja, hehe). Pada minggu-minggu pertama kuliah, semuanya berjalan dengan lancar. Saya bisa bekerja shift pagi kemudian lanjut kuliah dimalam hari, atau kuliah dulu sampai malam, baru lanjut kerja shift malam. Terdengar melelahkan memang, tapi tidak separah belakangan ini. Mungkin karena awal-awal kuliah, belum terlalu banyak tugas, dan dosen-dosen pengajar juga sering berhalangan hadir.

Namun menjelang UTS, seakan-akan menjadi titik balik dari semua itu, disaat mulai memasuki pertengahan semester, porsi kerja tiba-tiba naik, karena ada rekan kerja yang dipindah bagian disebabkan oleh turunnya produksi beberpa waktu sebelumnya, jadi ketika produksi naik lagi, saya terpaksa harus masuk kerja longshift, sebagai seorang yang bekerja di bagian QC, memang mempunyai jam kerja yang mengikuti jadwal produksi, terlebih lagi saya bekerja di bagian QC Proses. Mulai dari saat itu jadwal kuliah jadi kacau, dari yang awalnya tidak absen menjadi sering absen, sampai-sampai melewatkan UTS 1 mata kuliah. bahkan beberapa kali saya tidak tidur karena ketika pulang kerja shift malam hari sabtu pagi, saya harus melanjutkan kuliah pagi itu juga sampai sore, pulang kuliah langsung masuk kerja lagi buat lembur. Beberapa kali saya harus seperti itu , sungguh hari-hari yang melelahkan.

Ketika melewati “periode sibuk”  itu jujur tidak ada hiburang lain yang lebih menyenangkan selain tidur nyenyak, hehe. Bagaimana tidak, 5 hari saya harus bekerja longshift (11 jam kerja, 1 jam istirahat), seminggu longshift malam, seminggu longshift pagi, ditambah 2 hari kerja lembur dihari sabtu dan minggu, begitu sampai 1 bulan lebih lamanya. Waktu tidur dan istirahat seringkali harus dikorbankan karena disamping harus bekerja longshift, pada saat yang sama, tugas kuliah, laporan praktikum, mulai datang. Kalau kata Spongebob di salah satu episodenya, semua itu membuat kantung mataku mempunyai kantung mata, hahaha, karena kurang tidur tentunya.

Padahal beberapa hari sebelum datangnya “periode sibuk” itu, sebenarnya saya baru saja pulang liburan dari Singapore (akan saya ceritakan di postingan berikutnya). Jadinya ketika mulai capek dengan rutinitas tadi, rasa-ranya pingin ke Singapore lagi dan ga usah balik, hahaha. Beberapa kali, sebenarnya saya sempat meminta ke atasan saya agar saya dirolling ke QC lain yang jadwal kerjanya nonshift, terlebih lagi ketika saya mulai kuliah, karena dengan begitu, jadwal kerja dan kuliah lebih mudah diatur, beberapa bulan sebelum kuliah saya sempat meminya hal itu, namun apa daya, kesempatan itu tak kunjung datang bahkan sampai saat ini. Jadi ya mau tidak mau saya harus pintar-pintar mengatur jadwal kerja, kuliah dan istirahat agar semuanya bisa lancar, meskipun seringkali, jadwal istirahat yang diabaikan hehe. Dan efek dari semua itu mulai terasa akhir-akhir ini, kesehatan mulai menurun, semangat kuliah menjadi hilang, tapi ketika ingat betapa saya ingin bisa kuliah dari dulu, sisa-sisa semangat itu muncul lagi, terlebih ini baru semester 1. Kalau baru awal saja saya sudah KO, bagaimana dengan semester berikutnya hehe.

Yah, setidaknya “masa-masa sibuk” itu sudah mulai agak berkurang sekarang, makanya saya bisa membuat postingan lagi hehe. Dibalik semua itu, saya jadi lebih bisa menghargai waktu, karena ketika kesempitan waktu mulai datang, rasanya sehari ingin minta jatah waktu lebih dari 24 jam. Untuk mengurus diri sendiri saja tidak ada waktu, kamar kos menjadi sangat berantakan, cucian menumpuk (meskipun memang sering seperti itu hehe). Setidaknya dengan mengalami masa-masa seperti itu, saya menjadi manusia yang lebih greget, kata Bang Mad Dog hehe. Semoga saja apa yang telah saya lakukan, tidak akan sia-sia di masa mendatang, Insya Alloh semuanya kan ada hasilnya, asal bisa dilakukan dengan ikhlas dan sungguh-sungguh. Hal barusan ini yang paling sulit dilakukan ketika rasa capek, lelah dan stres mulai datang hehe. Dan semoga saya termasuk orang yang kuat dalam menghadapi hal semacam ini. Mungkin juga karena hal yang saya ceritakan ini sehingga blog ini jadi lama tak terurus, salam greget hehe.

Iklan