Sebelum lanjut ke postingan lanjutan dari postingan sebelumnya, saya selingi dulu dengan sebuah postingan yang merupakan tugas dari mata kuliah Psikologi Industri. Isi dari postingan ini kurang lebih merupakan sebuah review dari apa yang telah disampaikan oleh dosen pada pertemuan minggu kemarin mengenai siklus organisasi.
Mulai dari tahap kehidupan manusia paling awal, disadari atau tidak, kita telah menjadi bagian dari suatu organisasi, keluarga adalah sebuah bentuk organisasi terdekat dari tiap individu.
Beberapa pendapat ahli mengenai organisasi diantaranya :

  • Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.
  • James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
  • Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
  • Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan ( entity ) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.

Seperti layaknya mahluk hidup, organisasi pun memiliki siklus hidup. Perbedaannya terletak pada unsur-unsur pembentukan
tahapan hidup. Kalau pada manusia maka unsur yang sangat menentukan adalah mekanisme biologi atau fisiologinya. Hal
demikian akan terlihat pada rentang tahapan usia tertentu yang kemudian akan menentukan usia harapan hidup seseorang. Hal ini tidak terjadi pada organisasi. Siklus hidup organisasi (SHO) bisa berusia sangat panjang namun bisa seusia jagung. Panjang
pendeknya usia organisasi sangat ditentukan mutu dari proses manajemen termasuk kemampuan organisasi berhadapan dengan turbulensi eksternal dan internal. Misalnya, seberapa jauh organisasi mampu beradaptasi dengan perubahan lingkungan strategis.
Kemampuan tersebut antara lain sangat bergantung pada seberapa jauh kemampuan perusahaan menerapkan manajemen sumberdaya manusia (MSDM) strategisnya. Hal ini beralasan karena sering turbulensi eksternal membuat tekanan-tekanan pada performa organisasi. Kalau berhasil menerapkan MSDM strategis yang intinya berfokus jangka panjang dan terintegrasi dengan strategi perusahaan maka usia harapan hidup organisasi akan lebih lama.
Dengan kata lain perusahaan pada setiap tahap SHO memiliki daya saing tinggi. Untuk itu peran potensi individu manajemen dan karyawan termasuk kepemimpinan harus terintegrasi dalam menghadapi setiap persoalan bisnis dengan optimal. Secara teoretis banyak rujukan tentang siklus hidup organisasi. Ada yang berpendapat SHO terdiri dari tahap kelahiran, berkembang, dewasa, mati, dan lahir kembali. Ada juga yang menguraikan tahapan organisasi dimulai dari kelahiran, pertumbuhan, dewasa, penurunan, dan mati. Pendapat hampir serupa yakni tahapan dari SHO meliputi tahap embryo, kelahiran, muda, pertumbuhan, menua, menurun, dan akhirnya mati.
Saya bekerja di salah satu perusahaan makanan di Kota Bogor. Dalam perusahaan tempat saya bekerja, juga terdiri dari berbagai macam “organisasi” didalamnya, yang mana satu dan yang lainnya mempunyai peran dan tanggung jawab masing-masing namun saling mempengaruhi satu sama lain. Organisasi disini bisa diartikan sebagai departemen dalam suatu perusahaan, karena saya bekerja di industri pangan, dalam menjalankan 1 proses produksi, suatu perusahaan akan melibatkan berbagai organisasi didalamnya, mulai dari yang bertugas sebagai perencana, bagian proses, sampai bagian cek kualitas, semuanya dilakukan oleh organisasi yang berbeda-beda namun harus tetap padu satu sama lain. Padu atau tidaknya suatu organisasi tersebut pasti dipengaruhi oleh orang-orang didalamnya, dan dalam suatu organisasi selalu dibutuhkan sosok pemimpin yang bisa mengatur semua orang yang berada dalam lingkup organisasinya agar selalu bisa bekerja sesuai tanggung jawabnya, sosok pemimpin inilah yang akan sangat berpengaruh terhadap kelangsungan hidup suatu organisasi.

Referensi:
https://ronawajah.wordpress.com/2008/09/08/siklus-hidup-organisasi-dan-msdm-stratejik/
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Organisasi

Iklan